Senin, 17 September 2012
'Jangan lupa Minum Vitamin!' itu anjuran orang tua yang sering kita dengar setiap hari. Ya, vitamin memang bagus untuk kesehatan. tapi, ternyata kebanyakan minum vitamin bisa membawa efek buruk. bahkan Dr. Victor Herbert dari Mount Sinal School of medicine, NY, USA menegaskan bahawa dosis besar vitamin ternyata memiliki efek racun bagi tubuh kita. memang apapun yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan vitamin yang seharusnya malah membuat kita sehat.

DAMPAK KELEBIHAN VITAMIN
Vitamin digolongkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin b dan c) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). Sebenarnya, tanpa mengkonsumsi suplemen vitamin, kita bisa mendapatkan semua vitamin itu dari sumber tumbuhan dan hewan. Dr. David Heber, kepala bidang gizi klinis di University of California mengatakan bahkan ada suplemen vitamin yang dapat menghambat penyerapan nutrisi lainnya.
Overdosis vitamin yang larut dalam air bisa diatasi dengan banyak minum sehingga kita bisa mengeluarkan kelebihan itu melalui urine. Sedangkan overdosis vitamin larut dalam lemak bisa menimbulkan efek samping yang lebih serius. Nah, berikut beberapa efek samping yang bisa dialami tubuh kita saat overdosis vitamin:
  • Vitamin A
Vitamin yang penting untuk pengheliatan dan memproduksi sel di dalam tubuh ini dianjurkan mengkomsumsinya 700mcg per hari. Jika jauh lebih banyak dosisnya, akan menyebabkan:
  1. Resiko kerapuhan tulang dan nyeri sendi
  2. Kulit berubah warna menjadi kuning, kulit kepala berminyak hingga kerontokkan rambut.
  3. Mual, diare, haid tidak teratur dan kerusakan hati.
  • Vitamin B
Vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (pyridoxine), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin) ini berguna dalam pembuatan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dosis per hari yang dianjurkan adalah 1 mg - 14 mg. Dampak overdosis yang terjadi adalah:
  1. Susah benapas dan sakir kepala
  2. Mati rasa di kaki dan tangan, kehilangan koordinat otot, hingga kelumpuhan. 
  • Vitamin C
Vitamin yang disebut juga asam askorbat ini penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan otak sekaligus menyembuhkan luka. dosis per hari yang dianjurkan adalah 65 mg. Jika berlebihan dapat menyebakan:
  1. Diare, sakit perut, suhu tubuh meningkat dan insomnia.
  2. Overdosis jangka pangjang dapat menyebabkan stroke dan batu ginjal.
  • Vitamin D
Vitamin satu ini berfungsi sangat penting dalam penyerapan kalsium, serta pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Dosis per hari yang dianjurkan adalah 15 mg (600 IU). Dampak overdosis vitamin ini adalah:
  1. Kehilangan nafsu makan, sakit kepala, mual, dan lemas.
  2. Nyeri tulang, Kelemahan otot, dan gangguan pendengaran.
  • Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan penting yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, serta bertanggung jawab atas kesehatan sel darah merah. Dosis per hari yang dianjurkan adalah 15 mg. Lebih dari itu bisa menyebabkan:
  1. Rasa lelah yang berlebihan dan penyembuhan luka yang lambat.
  2. tekanan darah tinggi (hipertensi) hingga gangguan pada jantung.

1 komentar:

xx6596379 mengatakan...

SUMBER

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts