Rabu, 12 September 2012

Gadis.co.id – sekecil apa pun hal baik yang kita lakukan, pastinya pantas dapat penghargaan walaupun sekedar ucapan ‘terima kasih’. Selain sebagai ungkapan terima kasih, penghargaan juga sering dipakai untukmemberi contoh baik atau teladan. Dari sekan banyak penghargaan bergensi di dunia, ada beberapa penghargaan yang dinamakan berdasarkan tokoh tertentu.
NOBEL
                Kita pasti sering mendengar tentang hadiah Nobel. Maklum, ada banyak banget orang terkenal yang menerima hadiah ini mulai dari Marie Curie, Bunda Teresa, Dalai Lama, sampai Barrack Obama. Penghargaan yang diberikan buat orang-orang yang dianggap berjasa untuk kemanusiaan ini punya lima katagori yaitu fisika, kimia, fisiologi, atau kedokteran, sastra, dan perdamaian. Nama Nobel sendiri diambil dari nama pembuatnya yaitu Alfred Nobel.
                Alfred Nobel adalah seorang Industrialis sekaligus pencipta dinamit yang berasal dari Swedia. Karena merasa sedih dan bersalah atas hasil temuannya (dinamit) igunakan untuk kejahatan, Alfred memutuskan mengubah surat wasiatnya pada tanggal 27 November 1895. Di situ dituliskan bahwa dia memberikan sebagian besar kekayaannya untuk orang-orang yang telah melakukan usaha kemanusiaan dalam lima kategori itu. Setelah alfred meninggal pada tahun 1896, surat wasiat ini sempat ditentang saudaranya hingga baru pada tahun 1902 hadiah Nobelbpertama diberikan. Sampai tahun 2009, tercatat sudah ada 806 orang dan 23 organisasi yang menerima penghargaan ini.
                Penerima hadiah Nobel disebut Laureates yang artinya adalah mahkita kehormatan dari daun yang sering dipakai dewa Apollo dalam mitologi Yunani. Tidak cumaa medali, para Laureates ini juga mendapat  piagam dari Raja Swedia atau ketua Norwegian Nobel Commiter dan juga sejumlah uang. Uang yang diterima ini jumlahnya berbeda-beda tiap tahunnya tergantung besar penghasilan organisasi nobel. Misalnya, pada tahun 2009, setiap penerima hadiah Nobel mendapat 1,4 juta Dollar Amerika (±12,6 M Rupiah). Hadiah Nobel diberikan setiap tanggal 10 desember, untuk mengenang Alfred Nobel yang Wafat pada tanggal yang sama.

1 komentar:

xx6596379 mengatakan...

SUMBER

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts